Intercept 8500 LPP menorehkan catatan kinerja in-service yang luar biasa

Home / Features / Intercept 8500 LPP menorehkan catatan kinerja in-service yang luar biasa
Top-Ships-Sells-Tanker-Pair
  • Comments Off on Intercept 8500 LPP menorehkan catatan kinerja in-service yang luar biasa
  • Tuesday, 26UTCTue, 26 Sep 2017 08:48:43 +0000 26. September 2017 | Features

Lambung kapal yang dilapisi dengan antifouling premium berbasis biosida Intercept 8500 LPP  dari AkzoNobel menunjukkan hasil in-service yang sangat baik, dan di beberapa tempat hasilnya tampak luar biasa.

Kinerja Intercept 8500 LPP telah melebihi harapan. LPP adalah singkatan dari ‘linear polishing polymer’, produk terbaru dalam rangkaian produk kami, yang diluncurkan pada bulan Maret 2016. Keseimbangan polymer dan biosida dalam formulasi yang dibuat dengan teliti mengikuti efisiensi dan tingkat polishing yang linear yang merupakan kelebihan produk berbasis TBT.

Sayangnya tributyltin (TBT) mempunyai efek samping yang tidak baik untuk lingkungan, karena itu AkzoNobel (pada waktu itu International Paint) merupakan cat marine pertama yang menghilangkan TBT dari semua produk coating mereka. Tetapi, operator kapal lebih memilih cat TBT karena kecepatan polishingnya yang linear dan dapat diperkirakan setelah beberapa waktu. Ilmuwan polimer terkemuka kami bekerja untuk menemukan formulasi coating yang dapat menyamai kinerja produk berbasis TBT dan sekarang, Intercept 8500 LPP mampu melakukannya.

Kombinasi unik dari tekonologi paten Lubyon polymer, sifat self-polishing dari copolymer silyl methacrylate, dan komponen biosida copper oxide dan copper pyritione menghasilkan fouling control dengan hasil yang spektakular pada beragam jenis kapal di berbagai kawasan dengan berbagai tantangan fouling.

Tidak diragukan lagi Intercept 8500 LPP merupakan yang terbaik dari seluruh rangkaian produk fouling control biosida milik kami dan sangat cocok untuk digunakan pada pelayaran dengan tantangan fouling yang tinggi diberbagai daerah, termasuk Teluk Persia dan Asia Tenggara. Hasil dari uji tempel (test patch), Intercept 8500 LPP sangat baik bila dibandingkan dengan produk berbasis teknologi biosida dan produk premium biosida dari kompetitor. Kami yakin bahwa Intercept 8500 LPP adalah yang terbaik dikelasnya.

Survey coating telah dilaksanakan di lambung kapal dari beragam kapal yang berlayar dilautan, termasuk tanker, kapal pesiar, kapal kontainer dan bulk carrier. Uji tempel (test patch) di lambung kapal tanker Aframax 109,229 DWT , ditemukan dalam kondisi hampir bebas dari fouling setelah beroperasi selama 20 bulan dari July 2015 sampai Maret 2017.

Hasil ini sangat luar biasa karena kapal ini telah menghabiskan lebih dari 60% waktunya untuk berlayar diperairan dengan resiko fouling yang tinggi dan sangat tinggi, dan sempat mengalami periode low activity karena lemahnya pasar tanker. Kondisi low activity, atau lebih parah lagi waktu tunggu idle bagi kapal kargo secara substantial menaikkan tingkat fouling pada lambung.

Sebaliknya pada lambung kapal yang sama, uji tempel milik competitor tidak menunjukkan kinerja yang baik. Produk yang digunakan adalah produk copolymer self-polishing berbasis silyl acrylate, tidak mampu mencegah fouling cangkang (shell) pada tingkat yang signifikan, dan menyebabkan kenaikan yang cukup besar pada hull roughness.

Efek dari hull roughness tidak dapat diabaikan. Secara praktis, setiap tambahan hull roughness 25 mikron akan menyebabkan naiknya hull resistance sebesar 1% pada saat berlayar. Karena itu komsumsi bahan bakar meningkat pada periode diantara dry docking.

Bagaimanapun, setelah lambung di full blast dan Intercept 8500 LPP diaplikasi, kami temukan lambung dalam kondisi yang sangat halus, bahkan lebih halus dari umumnya kondisi lambung yang telah di full blast dan diaplikasikan 90-100 mikron antiouling biosida. Pada beberapa aplikasi pertama, catatan kami menunjukkan level hull roughness mencapai 46 mikron, 67 mikron dan 89 mikron. Ini sangat luar biasa!

Contoh lain dari kinerja luar biasa Intercept 8500 LPP terdapat pada saat aplikasi lambung kapal offshore yang berlayar diperairan dengan resiko fouling tinggi di Teluk Persia dengan kondisi low activity.

Salah satu pemilik kapal yang memiliki uji tempel di kapal OSV menyatakan bahwa kinerja Intercept 8500 LPP sangat bagus walaupun berada diperairan dengan tantangan fouling yang ekstrim dan kondisi low activity.

Ia juga menyatakan bahwa untuk kapal-kapal lain yang memiliki rute pelayaran yang sama, ia akan memilih Intercept 8500 LPP. Ia adalah satu dari sekian banyak pelanggan kami yang puas. Ini merupakan kabar baik bagi kami!

Untuk informasi lebih lanjut tentang  Intercept 8500, kunjungi kami di sini.

@Carl Barnes
Segment Manager – Antifouling

Comments are closed

Leave a comment